Juklak Juknis Classmeeting semester ganjil



Berikut ini adalah juklak juknis CLASSMEETING semester ganjil untuk mata lomba indoor :

1. DEBAT

Hari dan tanggal : Senin ,11 Desember 2017
Tempat               : R.A3
Waktu                 : 08.00 - Selesai
Juri                     : Sumarni,S.Pg dan Riska Irawanti

A. PETUNJUK TEKNIS
  1. Peserta merupakan siswa/i SMKN 1 Kota Bekasi yang masih aktif kegiatan belajar mengajar (KBM) dan tidak dalam masa PKL
  2. Peserta diwajibkan memakai PSAS(Pakaian Seragam Asal Sekolah). Dan DILARANG KERAS peserta memakai baju bebas.
  3. Peserta diwajibkan melakukan registrasi 30 menit sebelum acara dimulai dan sudah memasuki ruangan tunggu 10 menit sebelum lomba dimulai.
  4. Saat perlombaan berlangsung, peserta tidak diperbolehkan meninggalkan ruangan kecuali izin ke kamar kecil.
  5. Dalam satu tim beranggotakan 3 orang.
  6. Pengurangan point jika :
    • Mengandung konten pornografi.
    • Melakukan penyerangan pribadi.
    • Mengandung bahasa kasar,tidak senonoh, dan mengandung unsur SARA.
    • Mengganggu konsentrasi tim lain.
    • Membuat fasilitas diruangan rusak.
    • Terlambat.
    • Membawa atau membuka alat elektronik, buku referensi saat debat.
  7. Jika peserta tidak datang setelah 10 menit,peserta dianggap gugur/Didiskulifikasi.
B. PETUNJUK PELAKSANAAN
  • SISTEMATIKA LOMBA
  • Lomba terdiri atas 2 (dua) babak pertandingan, yaitu :
    a. Babak Penyisihan.
    b. Babak Final.

    a) Babak Penyisihan
    • Babak penyisihan terdiri atas 1 (satu) kali pertandingan debat.
    • Panitia akan mengumumkan lawan dari tiap-tiap tim sebelum pertandingan dimulai.
    • Tim dengan urutan nilai tertinggi pada tiap grup dapat melanjutkan ke babak final.
    • Urutan nilai ditentukan berdasarkan skor masing-masing tim.
    b) Babak Final
    • Tim yang lolos dari babak semifinal akan kembali bertanding di babak final. Adapun tiga tim yang lolos ini ialah pemenang tiap grup.
    • Pemenang (juara I, juara II, dan juara III) ditentukan berdasarkan urutan nilai tertinggi.
  • SISTEM LOMBA
    • Tema debat adalah “CINTA INDONESIA”.
    • Pilihan pernyataan topik akan ditentukan oleh panitia atau juri.
    • Pada setiap pertandingan akan terdapat 3 (tiga) tim, yang akan terbagi menjadi Tim PRO, Tim KONTRA dan Tim NETRAL.
    • Tim PRO memiliki tugas sebagai berikut :
      • Menyampaikan salam perkenalan diawal debat dengan bahasa yang baik dan sopan.
      • Memberikan argumen pendukung terhadap pernyataan topik.
      • Memberikan respons balik terhadap argumen sanggahan yang diberikan pihak penyanggah.
    • Tim KONTRA memiliki tugas sebagai berikut.
      • Menyampaikan salam perkenalan diawal debat dengan bahasa yang baik dan sopan.
      • Memberikan argumen sanggahan terhadap pernyataan topik.
      • Memberikan respons balik terhadap argumen pihak pendukung berupa kritik dan saran.
    • Tim NETRAL memiliki tugas sebagai berikut.
      • Menyampaikan salam perkenalan diawal debat dengan bahasa yang baik dan sopan.
      • Memberikan arument dari dua sisi baik dukungan maupun sanggahan terhadap pernyataan topik.
    • Penentuan tim pendukung, tim penyanggah, akan dilakukan sebelum pertandingan dimulai.
    • Tiap-tiap tim memiliki tiga pembicara. Ketiga pembicara terdiri atas pembicara pertama, pembicara kedua, dan pembicara ketiga.
  • MEKANISME LOMBA
  • Babak Penyisihan dan Final
    • Tim diberi waktu 15 (lima belas) menit untuk melakukan penyusunan argumen setelah panggilan panitia. Pada saat penyusunan argumen, tiap-tiap tim tidak diperkenankan membuka buku referensi, catatan, majalah, menggunakan perangkat elektronik dalam bentuk apapun untuk berkomunikasi, bekerja sama dengan pihak luar dan atau menjelajah internet pada saat penyusunan argumen dan debat berlangsung.
    • Keputusan juri dan panitia tidak dapat di ganggu gugat.
C. PENILAIAN
  • Kesesuaian dengan topik atau tema (20 point)
  • Penggunaan Bahasa yang baik dan benar (20 point)
  • Intonasi dan mimic dalam penyampaian (20 point)
  • Penguasaan materi (20 point)
  • Kerjasama tim (20 point)
  • Keputusan juri dan panitia tidak dapat di ganggu gugat.
2. SMK PINTAR

Hari dan tanggal : Rabu,13 Desember 2017
Tempat               : Ruang RPS
Waktu                 : 08.30 – Selesai (Open regist jam 08.00)
Juri                     : Riski Gustiar

A. PETUNJUK TEKNIS
  1. Satu kelas mengirimkan 1 tim yang terdiri dari 3 orang perwakilan. Dan DILARANG KERAS memasukkan anggota kelas lain kedalam tim tersebut.
  2. Peserta merupakan siswa/i SMKN 1 Kota Bekasi yang masih aktif kegiatan belajar mengajar (KBM) dan tidak dalam masa PKL.
  3. Peserta di wajibkan memakai baju PSAS (Pakaian seragam asal sekolah) atau SERAGAM KELAS. Dan DILARANG KERAS peserta memakai baju bebas.
  4. Peserta diwajibkan melakukan registrasi 30 menit sebelum acara dimulai dan sudah memasuki ruangan 10 menit sebelum lomba dimulai, jika tidak maka tim akan didiskualifikasi.
  5. Saat perlombaan berlangsung, peserta tidak diperbolehkan meninggalkan ruangan.
  6. Peserta tidak diperbolehkan untuk menggunakan kalkulator atau alat bantu apapun saat perlombaan berlangsung.
  7. Lomba SMK PINTAR terdiri dari 3 babak, yaitu:
    • Babak “Menyingkirkan Lawan”
    • Pada babak ini akan dibagi menjadi dua gelombang yang setiap gelombangnya berisi jumlah tim yang sudah regist dibagi 2. Masing-masing gelombang mendapatkan pertanyaan yang berbeda. Di babak ini berlaku sistem kocokan. Perwaakilan dari setiap tim akan mengambil undian berdasarkan warna kertas origami yang didapat. Pada babak ini tiap tim mengambil kertas origami yang terdiri dari 10 soal. Peserta diberi waktu 2 menit untuk menemukan jawaban dari soal tersebut. Peserta memiliki waktu menjawab sebanyak 10 detik sebelum pertanyaan, pertanyaan tersebut akan dilemparkan kepada tim lain. Jika tim lain dapat menjawab soal dengan benar, maka akan mendapatkan point sebesar 5 point. Tim yang berhak masuk ke babak selanjutnya adalah 10 tim yang berhasil mendapatkan point tertinggi.
    • Babak “Cepat Tanggap”
    • Pada babak ini berisi 10 tim yang mendapatkan point tertinggi dari babak sebelumnya. Di babak ini berlaku Sistem Rebutan. Pada babak ini terdiri atas 40 butir soal yang masing-masing pertanyaannya akan dibacakan oleh panitia. Peserta memiliki waktu menjawab sebannyak 10 detik sebelum pertanyaan itu hangus. Tim yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar, akan mendapatkan point sebesar 10 point. Tim yang berhak masuk ke babak selanjutnya adalah 5 tim dari setiap gelombang yang berhasil mendapatkan point tertinggi.
    • Babak “Final”
    • Pada babak ini terdiri dari 5 tim yang memperoleh point tertinggi pada babak sebelumnya. Pada babak final ini menggunakan 2 tahap.
      • Tahap pertama
      • Pada tahap pertama setiap perwakilan memilih pertanyaan yang ada di dalam layar. Tim diberi waktu 1 menit untuk berfikir menemukan jawaban pertanyaan tersebut. Setiap tim diberi pertanyaan 10 soal. Tim yang berhasil menjawab pertanyaan akan mendapat 50 point apabila salah menjawab akan dikurangi 10 point. Pada tahap ini tidak berlaku sistem rebutan apa bila tim salah menjawab.
      • Tahap kedua
      • Pada tahap ini berlaku sistem rebutan. Pantia akan membacakan 30 soal. Apabila tim dapat menjawab akan mendapatkan 100 point jika salah akan dikurangi 20 point. Pertanyaan akan di lempar ke tim lain.
  8. Materi yang akan diujikan pada lomba SMK PINTAR yaitu :
    • Matematika
    • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Inggris
    • Sejarah Indonesia
    • Pengetahuan Jawa Barat
    • Pengetahuan Bekasi
    • Pengetahuan Dunia
    • Pengetahuan Nusantara
    • IPA Umum
    • Pendidikan Kewarganegaraan
    • Kewirausahaan
  9. Peserta akan langsung di diskualifikasi jika terbukti melakukan kecurangan dan melanggar peraturan yang sudah ditetapkan oleh panitia.
  10. Keputusan tim penilai tidak dapat diganggu gugat.
  11. Peserta diharapkan JUJUR, SPORTIF, dan DISIPLIN peraturan.
  12. Dilarang keras untuk membuat keributan selama perlombaan berlangsung. Jika Melanggar akan di kurangi point sebanyak 20 point.
3. ONE’S MELODY
Hari dan tanggal : Selasa ,12 Desember 2017
Tempat               : R.A1
Waktu                 : 08.30 - Selesai (Open regist jam 07.30 WIB)
Juri                     : Vinawati Rhevina dan Agus Wibowo

A. PETUNJUK TEKNIS
  1. Peserta merupakan siswa/i SMK Negeri 1 Kota Bekasi kelas X, XI, dan XII yang aktif dalam kegiatan belajar-mengajar (KBM) dan tidak dalam masa PKL.
  2. Setiap kelas wajib mengirimkan satu tim berisi 3-6 orang. Dan DILARANG KERAS memasukkan anggota kelas lain kedalam tim tersebut.
  3. Peserta diwajibkan registrasi ulang 20 menit sebelum lomba dilaksanakan. Dan peserta dianggap GUGUR apabila tidak registrasi ulang.
  4. Setiap perwakilan kelas diwajibkan membawa alat musiknya masing-masing, Baik berupa alat musik Tradisional atau alat musik Modern, Panitia tidak menyediakan alat musik.
  5. Kriteria penilaian berupa :
    • Kekompakan kelompok dalam menampilkan (harmonisasi) meliputi nada yang dihasilkan.
    • Kemampuan dalam mengaransemen lagu.
    • Keunikan dan kreatifitas dalam pembawaan/pemilihan alat musik.
  6. Aransemen lagu yang dibawakan berupa aliran :
    • Jazz.
    • Pop.
    • Rock.
    • Beat.
    • Dll.
  7. Penentuan urutan tampil ditentukan oleh sistem pengocokan.
  8. Peserta yang tidak memenuhi persyaratan diatas dan membuat kericuhan akan didiskualifikasi.
  9. Lomba terdiri dari 3 babak yaitu :
    • Babak penyisihan
    • Babak penyisihan diikuti oleh seluruh regu perwakilan kelas, pada babak ini masing-masing regu membunyikan alat musiknya masing-masing.dan peserta yang terpilih akan maju ke babak selanjutnya.
    • Babak semifinal
    • Babak penyisihan ini setiap regu perwakilan kelas akan melawan 2 tim perwakilan kelas lain. Dan yang terpilih akan maju ke babak selanjutnya.
    • Babak final
    • Babak final dikuti oleh tim yang menang dalam babak semifinal. Tim yang menang harus memilih 1 lagu diantara lagu Indonesia/Barat yang sudah ditentukan oleh juri yaitu :
      • Lagu Indonesia
      • a. Akad (Payung Teduh).
        b. Surat cinta untuk starla (Virgoun).
        c. Asal kau bahagia (Armada).
      • Lagu Barat
      • a. Perfect (Ed sheeran).
        b. Too good at goodbyes (Sam smith).
        c. Havana (camellia Cabello).
  10. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
  11. Panitia tidak menyediakan perlatan musik apapun.
4. Karya Ilmiah Remaja (KIR)
Hari dan tanggal : Selasa ,12 Desember 2017
Tempat               : Ruang RPS
Waktu                 : 08.00 - Selesai (Open regist jam 07.30 WIB)
Juri                     : Intan R. dan Meilya Ha

A. PETUNJUK TEKNIS
  1. Peserta merupakan siswa/i SMKN 1 Kota Bekasi yang masih aktif kegiatan belajar mengajar (KBM) dan tidak dalam masa PKL.
  2. Peserta melakukan registrasi ulang maksimal 30 menit sebelum lomba di mulai.
  3. Pada saat lomba berlangsung peserta dilarang meninggalkan ruang lomba.
  4. Setiap kelas diwajibkan mengirim 5 orang sebagai perwakilan.
  5. Tiap kelas membuat 1 (satu) karya terbaik.
  6. Diwajibkan buat kreasi suatu barang yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.
  7. Alat dan bahan untuk pembuatan karya dibawa oleh peserta masing-masing sesuai kebutuhan.
  8. Waktu penyelesaian karya maksimal 60 menit.
  9. Pengerjaan dilakukan 50% dirumah dan 50% di area pelaksanaan.
  10. Setiap peserta dianjurkan untuk menciptakan inovasi baru yang unik.
  11. Karya Kriya yang dibuat haruslah aman, tidak mudah rusak, tidak rentan terhadap sentuhan/guncangan.
  12. Kriteria penilaian :
    • Kerapihan.
    • Kreatifitas.
    • Nilai manfaat/jual.
  13. Keputusan dewan juri dan panitia tidak dapat diganggu gugat.
  14. Setiap tim akan memprensentasikan hasil kerya timnya.
5. TENIS MEJA
Hari dan tanggal : Rabu, 13 Desember 2017
Tempat               : R. A1
Waktu                 : 08.30 - Selesai (Open regist jam 08.00 WIB)
Juri                     : Ricki Aziz Husein S,pd

A. PETUNJUK TEKNIS
  1. Peserta merupakan siswa/i SMK Negeri 1 Kota Bekasi yang aktif dalam kegiatan belajar-mengajar (KBM) dan tidak dalam masa PKL.
  2. Satu kelas mengirimkan 1 siswa laki-laki /perempuan sebagai perwakilan. Dan DILARANG KERAS memakai anggota kelas lain sebagai perwakilan kelas.
  3. Peserta diwajibkan memakai baju OLAHRAGA SEKOLAH atau SERAGAM KELAS. Dan dilarang keras peserta memakai baju bebas.
  4. Peserta diwajibkan registrasi ulang 30 menit sebelum lomba dilaksanakan. Dan peserta dianggap GUGUR apabila tidak registrasi ulang.
  5. Peserta yang sudah registrasi ulang tapi tidak hadir saat lomba dimulai, dan sudah dipanggil 5x oleh panitia akan dinyatakan GUGUR.
  6. Penentuan bagan pertandingan dilakukan dengan sistem kocokan pada saat perlombaan akan dimulai.
  7. Tenis meja memiliki dua babak, yaitu babak penyisihan (Sistem gugur) dan babak final.
  8. Sistem penilaian dalam pertandingan :
    • Setiap bola mati menghasilkan nilai satu untuk pemain lawan.
    • Servis berganti pemain setelah pemain tersebut melakukan servis sebanyak 2x.
    • Pemegang servis bebas menempatkan bola dari segala penjuru.
    • Permainan satu set berkahir apabila pemain mencapai nilai 11 dan kemenangan diraih apabila mencapai jumlah kemenangan set yang telah ditentukan.
    • Apabila terjadi Deuce, permainan berakhir jika selisih nilai adalah 2. Contoh : 15-13, 18-16.
  9. Ketika pertandingan sedang berlangsung, pemain tidak diperbolehkan mengganggu konsentrasi lawan dengan mengeluarkan kata-kata yang tidak sopan ataupun gerakan yang bersifat mengganggu lawan.
  10. Ketika terjadi netting atau kesalahan lainnya, maka peserta tidak bisa menginterupsi wasit.
  11. Setiap selesai pertandingan, salah satu peserta wajib menandatangi formulir hasil pertandingan.
  12. Keputusan wasit dan panitia tidak dapat diganggu gugat.
B. PETUNJUK PELAKSANAAN
  1. Hanya ada satu macam permainan yakni sistem tunggal (1 vs 1)
  2. SINGLE
    • Pertandingan menggunakan hitungan 11 point. Dengan dua kali service bergantian.
    • Service bola di lambungkan.
    • Service menyentuh net di ulang 3x,jika service ke empat masih menyentuh berarti point buat lawan.
    • Service bola tidak mengenai bet maka point buat lawan.
    • Bet menyentuh meja dinyatakan boleh/tidak di dis.
    • Disaat bola berjalan tangan memegang meja dinyatakan point untuk lawan.
    • Bola menyentuh pinggir/samping meja di nyatakan masuk.
    • Disaat bola berjalan bola mengenai jari tangan yang memegang bats dinyatakan sah/boleh.
6. E - SPORT
Hari dan tanggal : Selasa, Rabu, Jumat 12, 13, 15 Desember 2017
Tempat               : R. A5 dan A6
Waktu                 : 08.00 - Selesai
Juri                     : -

A. PETUNJUK TEKNIS
  1. Game yang akan dipertandingankan adalah “Mobile Legends Bang Bang”.
  2. Setiap kelas mengirimkan 1 team, terdiri dari 5 orang.
  3. Peserta adalah siswa/siswi SMKN 1 Kota Bekasi masih berada di kelas dengan jurusan yang sama.
  4. Pertandingan terdiri dari 2 sesi, jika terjadi seri akan melakukan 1 pertandingan lagi.
  5. Menggunakan system pertandingan Knock-Out.
  6. Panitia tidak menyediakan bantuan internet.
  7. Dilarang berkata kasar, jika 1 kali berkata kasar akan diperingatkan, jika ke 2 kali, maka di diskualifikasi.
  8. Dilarang chat team di dalam pertandingan.
  9. Dilarang menggunakan skin.
  10. Dilarang menggunakan cheat atau kecurangan jenis apapun.
  11. Anggota tidak lengkap 5 menit sebelum pertandingan dimulai maka di diskualifikasi.
  12. Setiap pelanggaran jenis apapun yang dilakukan akan diberi peringatan,dan jika melanggar maka team yang bersangkutan akan didiskualifikasi.
  13. Keputusan dari dewan panitia mutlak dan tidak bias di ganggu gugat.
  14. Disarankan menggunakan baju sopan atau sama dalam satu team.
7. CATUR
Hari dan tanggal : Kamis, 14 Desember 2017
Tempat               : R. A3
Waktu                 : 08.00 - Selesai (Open regist jam 07.30 WIB)
Juri                     : Ricki Aziz Husein S,pd

A. PETUNJUK TEKNIS
  1. Peserta merupakan siswa/i SMK Negeri 1 Kota Bekasi yang aktif dalam kegiatan belajar-mengajar (KBM) dan tidak dalam masa PKL.
  2. Satu kelas mengirimkan 1 siswa/i sebagai perwakilan. Dan DILARANG KERAS memakai anggota kelas lain sebagai perwakilan kelas.
  3. Peserta diwajibkan memakai baju PSAS (Pakaian Seragam Asal Sekolah) atau SERAGAM KELAS. Dan DILARANG KERAS peserta memakai baju bebas.
  4. Peserta diwajibkan registrasi ulang 30 menit sebelum lomba dilaksanakan. Dan peserta dianggap GUGUR apabila tidak registrasi ulang.
  5. Sistem yang digunakan pada lomba catur adalah sistem gugur (Knock Out).
  6. Peserta diberikan waktu 2 menit untuk berfikir. Apabila dalam waktu 2 menit bidak catur tidak digerakkan, maka kesempatan bermain diberikan kepada lawan.
  7. Peserta harus mengatakan “SKAK” apabila permainan catur dalam keadaan “SKAK”. Apabila tidak mengatakan “SKAK”, maka kesempatan bermain diberikan kepada lawan.
  8. Peserta yang sudah mengangkat atau menggerakkan bidak, tidak diperbolehkan meletakkan bidak ditempat semula.
  9. Apabila terjadi hasil seri, maka pemenang akan ditentukan dengan cara menghitung banyaknya bidak yang tersisa.
  10. Peserta tidak diperbolehkan makan saat perlombaan berlangsung.
  11. Peserta tidak di perbolehkan meninggalkan ruangan saat perlombaan berlangsung.
  12. Peserta tidak di perbolehkan mengganggu pikiran lawan.
  13. Penonton diharapkan tidak mengganggu perserta yang sedang melaksanakan lomba.
  14. Peserta dan Penonton dilarang membuat keributan dan berisik.
  15. Keputusan wasit tidak bisa di ganggu gugat.

Posting Komentar

0 Komentar